Cogito Ergo Sum

Aku Berfikir Maka Aku Ada

Rabu, 15 Oktober 2014

KONTRUKSI ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI DALAM ILMU


Salah satu fungsi filsafat ilmu adalah bertugas memberi landasan filosofis untuk minimal memahami berbagai konsep dan teori sesuatu disiplin ilmu, sampai membekalkan kemampuan untuk membangun teori ilmiah.  Secara substantif fungsi pengembangan tersebut memperoleh pembekalan dari disiplin ilmu agar dapat menampilkan substantif.
Filsafat Ilmu memiliki cabang-cabang utama ataupun dasar-dasar utama filsafat ilmu yaitu Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Ketiga cabang ataupun dasar-dasar utama ini sangat menentukan sikap atau pendirian dari masing-masing ilmuan. Pendirian ilmuan tersebut sangat menentukan bagi strategi pengembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis akan mencoba untuk menguraikan satu persatu landasan tersebut, yang menjadi pembahasan dalam kajian ini.

Filsafat Ilmu memiliki cabang-cabang utama ataupun dasar-dasar utama yaitu Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ahmad Tafsir, ketiga cabang ini sebenarnya merupakan satu kesatuan. Ontologi membicarakan hakikat segala sesuatu, Epistemologi membicarakan cara memperoleh pengetahuan dan Aksiologi membicarakan kegunaan pengetahuan.[1]   

1.    Ontologi
Di antara lapangan penyelidikan kefilsafatan yang paling kuno adalah Ontologi sebab persoalan paling awal dalam permulaan pemikiran Yunani adalah pemikiran di bidang Ontologi. Pemikiran paling tua dalam kaitannya dengan Ontologi adalah pemikiran Thales atas air yang adalah merupakan substansi terdalam yang merupakan asal mula dari segala sesuatu.[2]
Kata Ontologi berasal dari perkataan Yunani : On = ada, dan logos = teori. Jadi Ontologi adalah teori tentang keberadaan atau dalam Istilah lain Ontologi berasal dari kata Ontos yang artinya adalah “sesuatu yang berwujud” dan logos adalah teori. Jadi ontologi adalah teori tentang yang ada,[3] dalam kata lain ontologi adalah teori tentang hakikat wujud, tentang hakikat yang ada.[4]
Berbicara secara panjang lebar tentang Ontologi orang akan menghadapi persoalan bagaimanakah kita menerangkan hakikat dari segala yang ada ini ? Pertama kali orang dihadapkan pada adanya dua macam kenyataan. Yang pertama, kenyataan yang berupa materi (kebenaran) dan yang kedua, kenyataan yang berupa rohani (jiwa).
Pendapat senada dikemukakan oleh Noeng Muhadjir, yang menyatakan bahwa Ontologi obyek bahasannya adalah yang ada. Study tentang yang ada pada dataran study filsafat pada umumnya dilakukan oleh filsafat metafisika. Ontologi membahas tentang yang ada yang tidak terikat oleh suatu perwujudan tertentu; yang universal; dan berupaya mencari inti yang termuat dalam kenyataan atau yang meliputi semua realita dalam semua bentuknya.[5]
Sementara itu Jujun S. Suriasumantri, menyatakan bahwa Ontologi membahas apa yang ingin kita ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu, atau dengan perkataan lain, suatu pengkajian mengenai teori tentang ada. Atau sebagaimana Jujun sebutkan, Ontologi sama dengan hakikat apa yang dikaji.[6]
Dari beberapa penjelasan tersebut di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sesungguhnya berbicara tentang Ontologi adalah berbicara tentang hakikat ataupun kenyataan (realita) sesuatu yang ada, baik yang jasmani maupun yang rohani. Hanya saja yang menjadi persoalan adalah pembicaraan tentang hakikat ataupun kenyataan (realita) sesuatu sangatlah luas sekali, yaitu segala yang ada dan yang mungkin ada. Hakikat adalah realitas; realitas adalah ke-real-an. Riil artinya kenyataan yang sebenarnya. Jadi hakikat adalah kenyataan sebenarnya tentang sesuatu, bukan kenyataan sementara atau keadaan yang menipu.
Dari pembahasan di atas maka dapatlah disimpulkan bahwa obyek formal dari Ontologi adalah hakikat selurh realita. Untuk melihat hakikat realitas, Noeng Muhadjir menyatakan bahwa ada dua pendekatan yang dilakukan oleh para filosof yaitu pendekatan Kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan Kuantitatif ini realitas tampil dalam kuantitas atau jumlah. Dalam hal ini telaahnya akan menjadi telaah: Monoisme, Paralelisme/Dualisme dan Pluralisme. Pendekatan Kualitatif. Pendekatan ini, realitas akan tampil tidak dalam bentuk jumlah, tetapi dalam bentuk kualitas. Pendekatan ini melahirkan aliran-aliran Materialisme, Idealisme, naturalism, Hylomorfisme.
Sebagai mana yang telah diketahui, Filsafat Ilmu dalam kajiannya memiliki kajian objek material dan objek formal tersendiri. Objek material atau pokok pembahasan dalam Filsafat Ilmu adalah Ilmu pengetahuan itu sendiri, yaitu Ilmu yang telah disusun secara sistematis dengan metode Ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Disini terlihat jelas perbedaan antara pengetahuan dengan Ilmu Pengetahuan. Pengetahuan itu bersifat umum dan didasarkan atas pengalaman sehari-hari, sedangkan Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang bersifat khusus dengan ciri-ciri sistematis, metode ilmiah tertentu serta dapat diuji kebenarannya. Semua manusia terlibat dengan pengetahuan sejauh ia hidup secara normal dengan perangkat indrawi yang dimilikinya, namun tidak semua orang terlibat terhadap pengetahuan Ilmiah, karena ada persyaratan yang harus dimiliki seorang ilmuan. Persyaratan-persyaratan itu meliputi antara lain : Prosedural Ilmiah, Metode Ilmiah yang dipergunakan, diakui secara akademis, ilmuan harus memiliki kejujuran ilmiah.
Objek pormal Filsafat Ilmu adalah Hakikat (esensi) ilmu pengetahuan, artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem-problem mendasar ilmu pengetahuan seperti : apa hakikat Ilmu sesungguhnya? Bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah? Apa pungsi kebenaran ilmiah itu bagi manusia? Problem inilah yang dibicarajan dalam landasan atau kontruksi pembangunan ilmu pengetahuan, yani landasan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Dan apabila disekemakan Kontruksi ilmu dapat digambarkan sebagai mana dibawah ini.



 











Landasan ontologi pengembangan ilmu artinya titik tolak penelaahan ilmu pengetahuan didasarkan atas sikap dan pendirian ilmuan, sikap atau pendirian ilmuan secara garis besar dapat dibedakan kedalam dua aliran besar yang sangat mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan yaitu Materialisme dan Spritualisme.
Spritualisme adalah suatu pandangan metafisika yang menganggap bahwa tidak ada hal yang nyata selain materi. Bahkan fikiran dan kesadaran hanyalah penjelmaan dari materi dan dapat dikembalikan pada unsure-unsur fisik. Materi adalah sesuatu hal yang dapat kelihatan, dapat diraba, berbentuk dan menempati ruang.  Spiritualisme adalah suatu pandangan metafisika yang menganggap kenyataan yang terdalam adalah roh yang mengisi dan mendasari seluruh alam.
Pengembangan ilmu yang berdasarkan pada materialisme cendrung pada ilmu-ilmu kealaman. Dalam perkembanagn ilmu modern, aliran ini disuarakan oleh positivisme. Sedangkan spiritualisme cenderung pada ilmu-ilmu kerohanian dan menganggap bidang ilmunya sebagai wadah utama bagi titik tolak pengembangan bidang-bidang ilmu lain. Jadi landasan Ontologis ilmu pengetahuan tergantung pada cara pandang ilmuan terhadap realitas. Manakala realitas yang dimaksud adalah materi, maka lebih terarah pada ilmu-ilmu empiris. Manakala realitas yang dimaksud adalah spirit atau roh, maka lebih terarah pada ilmu-ilmu humaniora.
Landasan epistemologis pengembagan ilmu artinya titik tolak penenlaahan ilmu  pengetahuan didasarkan atas cara dan produser dalam memeperoleh kebenaran. Dalam hal ini yang dimaksud adalah metode ilmiah. Metode ilmiah dalam garis besar dibedakan kedalam dua kelompok, yaitu siklus empirik untuk ilmu-ilmu kealaman, dan metode linier untuk ilmu-ilmu sosial-humaniora. Cara kerja metode siklus-empirik meliputi observasi, penerapan metode induksi, melakukan eksperimentasi (percobaan), vertifikasi atau pengujian ulang terhadap hipotesis yang di ajukan, sehingga melahirkan sebuah teori. Sedangkan cara kerja metode linier meliputi langkah-langkah antara lain: persepsi yaitu penangkap indrawi terhadap realitas yang diamati, kemudian disusun sebuah pengertian (kensepsi), akhirnya di lakukan prediksi atau pengamalan tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dimsa depan.
Landasan aksiologis pengembangan ilmu merupakan sikap etis yang harus di  kembangkan oleh seorang ilmuan, terutama dalam kaitannya dengan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya. Sehingga suatu aktivitas ilmiah senantiasa dikaitan dengan kepercayaan, ideologi yang dianut oleh masyarakat atau bangsa, tempat ilmu itu di kembangkan.[7]

2.    Epistemologi
            Salah satu dari cabang filsafat Ilmu adalah Epistemologi atau teori pengetahuan.  Epistemologi atau teori pengetahuan dari bahasa yunani, “epistemi” dan “logy”. Epistemi artinya pengetahuan sedangkan logy berarti teori,[8] (dalam istilah lain; Episteme artinya Pengetahuan dan logos artinya teori), dengan demikian  secara etimologi Epistemologi adalah teori pengetahuan.[9] Epistemologi adalah analisis terhadap sumber-sumber pengetahuan.[10]
            Objek material Epistemologi adalah Pengetahuan, sedangkan objek Formalnya adalah Hakikat pengetahuan, Persoalan lain yang dikaji dalam Epistemologi diantara  adalah berkisar pada masalah : asal usul pengetahuan, peran pengalaman dan akal dalam pengetahuan, hubuangan pengetahuan dengan keniscayaan, hubungan antara pengetahuan dengan kebenaran.[11] 
            Disamping itu pula perbincangan penting dalam epistemologi juga terkait dengan jenis yaitu pengetahuan ilmiah. Pengetahuan ilmiah memiliki beberapa cirri pengenal sebagai berikut.
(1)     Berlaku umum, artinya jawaban atas pertanyaan apakah sesuatu hal itu layak  atau tidak layak, tergantung pada faktor-faktor subjektif.
(2)      Mempunyai kedudukan mandiri (otonomi), artinya meskipun faktor-faktor di luar ilmu juga ikut berpengaruh, tetapi harus di upayakan agar tidak menghentikan pengembangan ilmu secara mandiri.
(3)      Mempunyai dasar pembenaran, artinya cara kerja ilmiah diarahkan untuk memperoleh derajat kepastian yang sebesar mungkin.
(4)      Sistematik, artinya ada sistem dalam susunan pengetahuan dan dalam cara memperolehnya.
(5)     Intersubjektif, artinya kepastian pengetahuan ilmiah tidaklah didasarkan atas intuisi-intiusi serta pemahaman-pemahaman secara subjektif, melainkan dijamin oleh sistemnya itu sendiri.
Pengetahuan merupakan suatu aktifitas yang dilakukan untuk memperoleh kebenaran.
            Pengetahuan dipandang dari jenis pengetahuan yang dibangun dapat dibedakan sebagai berikut.
(1)     Pengetahuan biasa (ordinary knowledge/Common sense knowledge). Pengetahuan           seperti ini  bersifat subjektif, artinya amat terikat pada subjek yang mengenal. Dangan demikian, pengetahuan jenis pertama ini memiliki sifat selalu benar, sejauh sarana untuk memperoleh pengetahuan itu bersifat normal atau tidak ada penyimpangan.
(2)     Pengetahuan ilmiah, yaitu pengetahuan yang telah menetapkan objek yang khas atau spesifik dangan menerapkan pendekatan metodologi yang khas pula, artinya metodologi yang telah mendapatkan kesepakatan di antara para ahli yang sejenis. Kebenaran yang terkandung dalam pengetahuan ilmiah bersipat relatif, karena kandungan kebenaran jenis pengetahuan ilmiah selalu mendapatkan revisi dan di perkaya oleh hasil penermuan yang paling mutahir. Dengan demikian, kebenaran dalam pengetahuan ilmiah selalu mengalami pembaharuan sesuai hasil penelitian yang paling akhir dan medapatkan persetujuan (agreement) oleh para ilmuan sejenis.
(3)     Pengetahuan filsafat, yaitu jenis pengetahuan yang pendekatannya melalui metodologi pemikiran filsafat. Sifat pengetahuan ini mendasar dan menyeluruh dengaa model pemikiran yang analistis, kritis, dan spekulatif. Sifat kebenarannya adalah absolut-intersubjektif. Maksudnya ialah nilai kebenaran yang terkandung pada jenis pengetahuan filsafat selalu merupakan pendapat yang selalu melekat pada pandangan dari seorang filsuf serta selalu mendapat pembenaran dari filsuf kemudian yang menggunakan metodologi pemikiran yang sama pula.
(4)     Pengetahuan agama yaitu jenis pengetahuan yang didasarkan pada keyakinan dan ajaran agama tertentu.pengetahuan agama memiliki sifat dogmatis, artinya pernyataan dalam suatu agama selalu didasarkan pada keyakinan yang telah tertentu, sehingga pernyataan-pernyataan dalam ayat-ayat kitab suci agama memiliki nilai kebenaran sesuai dengan keyakinan yang di gunakan untuk memahaminya itu. Implikasi makna dari kandungan kitab suci itu dapat berkembang secara dinamiksesuai dengan perkembangan waktu, akan tetapi kandungan maksud dari ayat kitab suci itu tidak dapat dirubah dan sifatnya absolute.
            Pengetahuan dipandang atas dasar kriteria-kriterianya dapat dibedakan sebagai berikut.
1.      Pengetahuan Indrawi; yaitu jenis pengetahuan yang didasarkan atas indra (sense) atau pengalaman manusia sehari-hari.
2.      Pengetahuan Akal Budi; yaitu jenis pengetahuan yang didasarkan rasio.
3.      Pengetahuan Intuitif; jenis pengetahuan yang memuat pemahaman dengan cepat. Intuisi, ujar Archi Bahm adalah nama yang kita berikan pada cara pemahaman kesadaran ketika pemahaman itu berujud menampak langsung. Ia menegaskan bahwa tidak ada peng-intuisi-an tanpa melibatkan kesadaran, demikian sebaliknya.
4.      Pengetahuan kepercayaan atau pengetahuan otoritatif; yaitu jenis pengetahuan yang dibangun atas dasar kredibilitas seseorang tokoh atau sekelompok orang yang dianggap propesional dalam bidangnya.

                Oleh karena itu, Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut yang diperoleh manusia melalui akal, indera, dan lain sebagainya mempunyai metode tersendiri dalam teori pengatahuan. Ada sejumlah teori untuk mendapatkannya antara lain :
1.    Metode Induktif
            Metode Induktif yaitu suatu metode yang menyimpulkan pernyataan-pernyataan hasil observasi disimpulkan dalam suatu pernyataan yang lebih umum. Dan menurut suatu pandangan yang luas diterima, ilmu-ilmu empiris ditandai oleh metode induktif, suatu inferensi bisa disebut induktif bila bertolak dari pernyataan-pernyataan tunggal, seperti gambaran mengenai hasil pengamatan dan penelitian orang sampai pada pernyataan-pernyataan universal.
2.    Metode Deduktif
            Metode Deduktif ialah suatu metode yang menyimpulkan bahwa data-data empirik diolah lebih lanjut dalam suatu sistem pernyataan yang runtut . Hal-hal yang harus ada dalam metode deduktif ialah adanya perbandingan logis antara kesimpulan-kesimpulan itu sendiri. Ada penyelidikan bentuk logis teori itu dengan tujuan apakah teori tersebut mempunyai sifat empiris atau ilmiah, ada perbandingan dengan teori-teori lain dan ada pengujian teori dengan jalan menerapkan secara empiris kesimpulan-kesimpulan yang bisa ditarik dari teori tersebut.
3.    Metode Positivisme
            Metode ini dikeluarkan oleh August Comte (1798-1857 M). Metode ini berpangkal dari apa yang telah diketahui, yang faktual, yang positif. Ia mengenyampingkan segala uraian/persoalan di luar yang ada sebagai fakta. Oleh karena itu, ia menolak metafisika. Apa yang diketahui secara positif, adalah segala yang tampak dan segala gejala. Dengan demikian metode ini dalam bidang filsafat dan ilmu pengetahuan dibatasi kepada bidang gejala-gejala saja. Menurutnya perkembangan pemikiran manusia itu berlangsung dalam tiga tahap yaitu : tahap teologis, tahap metafisis dan tahap positivistis.
4.    Metode Kontemplatif
            Metode ini mengatakan adanya keterbatasn indera dan akal manusia untuk memperoleh pengetahuan, sehingga obyek yang dihasilkanpun akan berbeda-beda harusnya dikembangkan suatu kemampuan akal yang disebut dengan intuisi. Pengetahuan yang diperoleh lewat intuisi ini bisa diperoleh dengan cara berkontemplasi seperti yang dilakukan oleh Al-Ghozali.
5.    Metode Dialektis
            Dalam filsafat, dialektika mula-mula berarti metode tanya jawab untuk mencapai kejernihan filsafat. Metode ini diajarkan oleh Socrates. Namun Plato mengartikannya diskusi logika. Kini dialektika berarti tahap logika, yang mengajarkan kaidah-kaidah dan metode-metode penuturan, juga analisis sistemik tentang ide-ide untuk mencapai apa yang terkandung dalam pandangan.

3.        Aksiologi
Untuk mengenal apa yang dimaksud dengan Aksiologi, penulis akan menguraikan beberapa definisi tentang aksiologi ; Aksiologi berasal dari perkataan axios (Yunani) yang berarti nilai dan logos yang berarti teori. Jadi Aksiologi adalah teori tentang nilai. Sedangkan arti Aksiologi yang terdapat dalam bukunya Jujun S. Suriasumantri,  bahwa aksiologi diartikan sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh.  Aksiologi disamakan dengan Value dan Valuation yang artinya Nilai baik sebagai kata benda abstrak, kata benda konkrit maupun kata kerja. Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa aksiologi itu permasalaaaahan sesungguhnya adalah mengenai nilai. Nilai yang dimaksud adalah sesuatu yang dimiliki manusia untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang apa yang dinilai.
Teori nilai mencakup dua cabag filsafat yang cukup terkenal : Etika dan Estetika. Yang pertama membicarakan soal baik dan buruk dan yang kedua membicarakan indah dan tidak indah.[12] Dalam keterangan lain Etika mengandung tiga pengertian; Pertama: Kata etika dapat dipakai dalam arti nilai-nilai atau norma-norma moral. Kedua: kumpulan asas atau nilai moral. Misalnya kode etik. Ketiga: merupakan ilmu tentang yang baik dan yang buruk.[13]
Objek material etika adalah tingkah laku atau perbuatan manusia. Pebuatan yang dilakukan secara sadar dan bebas. Objek formal etika adalah kebaikan dan keburukan atau bermoral dan tidak bermoral dari tingkah laku tersebut. Dengan demikian perbuatan yang dilakukan secara tidak sadar dan tidak bebas dapat di kenai penilaian bermoral atau tidak bermoral.
Etika sebagai ilmu yang menyelidiki tentang tingkah laku moral dapat dihampiri berdasarkan atas tiga macam pendekatan, yaitu: Etika Deskriptif, Etika Normatif, dan Mateatika.
Etika deskriptif adalah cara melukiskan tingkah laku moral dalam arti luas seperti: adat kebiasaan, anggapan tentang baik atau buruk, tindakan yang diperoleh atau tidak. Etika deskriptif mempelajari moralitas yang terdapat pada individu, kebudayaan atau sub-kultur tertentu. Oleh karena itu etika deskriptif ini tidak memberikan penilaian apa pun, ia hanya memaparkan. Etika deskriptif lebih bersifa netral. Misalnya: Penggambaran tentang adat mengayau pada suku primitif.
Etika normatif mendasarkan pendiriannya atas norma. Ia dapat mempersoalkan norma yang di terima seseorang atau masyarakat secara lebih kritis. Ia bisa mempersoalkan apakah norma itu benar atau tidak. Etika normatif berarti sistem-sistem yang di maksudkan untuk memberikan petunjuk atau penuntunan dalam mengambil keputusan yang menyangkut baik atau buruk. Etika normatif ini dibagi menjadi dua yaitu:
(1)     Etika umum, yang menekankan pada tema-tema umum seperti: Apa yang dimaksud norma etis? Mengapa norma moral mengikat kita? Mana hubungan antara tanggungjawab dengan kebebasan?
(2)     Etika khusus, upaya untuk menerapkan prinsip-prinsip etika umum ke dalam prilaku manusia yang khusus. Etika khusus juga dinamakan etika terapan.
Bagian lain etika adalah metaetika, yaitu kajian etika yang di tujukan pada ungkapan-ungkapan etis.  Bahasa etis atau bahasa yang dipergunakan dalam bidang moral dikaji secara logis. Metaetika menganalisis logika perbuatan dalam kaitan dengan “baik” atau “buruk”.
Lorens Bagus memerinci pandangan beberapa filsuf mengenai teori etika antara lain:
(1)     Socrates beranggapan bahwa menderita selalu lebih baik dari pada berbuat jahat. Ia mengajukan suatu pandangan yang tidak melihat akibat-akibat, melainkan pada prinsip batin.
(2)     Plato memandang yang baik sebagai suatu forma eternal yang harus direalisir dalam kehidupan manusia.
(3)     Aristoteles, tujuan hidup manusia ialah kebahagiaan atau eudaimonia (kesejahteraan, kesentosaan). Kebaikan dapat di temukan dengan mencari jalan engah Emas (Via Mebia Aura).
(4)     Immanuel Khan teiri etikanya berdasarkan prinsip yang muncul dari ide hukum dan menuju imferatif kategoris dan praktis.
(5)     Bentham memandang bahwa tujuan yang harus dicapai adalah kebaikan terbesar ut5uk jmlah terbesar. Hedonisme merupakan cara untuk memahami yang baik.
(6)     Nietzsche beranggapan bahwa tujuan kehidupan adalah kehendak untuk berkuasa (wille zur macht) dan ini harus diterjemahkan ke dalam kesempurnaan yang melebihi dimensi-dimensi biasa dabi kebaikan dan keburukan.
Etika tidak hanya berkutat pada hal-hal teoritis, namun juga terkait erat dengan kehidupan konkret, oleh karena itu ada beberapa manfaat etika yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan kehidupan konkret, yaitu:
(1)     Perkembangan hidup masyarakat yang semakin pluralistik menghadapkan manusia pada sekian banyak pandangan moral yang bermacam-macam, sehingga diperlukan refleksi kritis dari bidang etika. Contoh: Etika Medis tentang masalah abortus, bayi tabung dan lain-lain.
(2)     Gelombang modernisasi yang melanda di segala bidang kehidupan masyaraakat, sehingga cara berpikir masyarakat pun ikut berubah. Misalnya :cara berpakaian, kebutuhan fasilitas hidup modern,dan lain-lain.
(3)     Etika juga menjadikan kita sanggup menghadapi ideologi-ideologi asing yang perebutan mempengaruhi kehidupan kita, agar tidak mudah terpancing. Artinya kita tidak boleh tergesa-gesa memeluk pandangan baru yang belum jelas, namun tidak pula tergesa-gesa menolak pandangan baru lantaran belum terbiasa.
(4)     Etika diperlukan oleh penganut agama manapun  untuk menemukan dasar kemantapan dalam iman dan kepercayaan sekaligus memperluas wawasan terhadap semua dimensi kehidupan masyarakat yang selalu berubah.
Dengandemikian Aksiologi, epistimologi, dan aksiologi (khususnya etika) merupakan cabang utama filsafat Ilmu yang terkait dengan realitas kehidupan manusia, termasuk perkemkangan ilmu pengetahuan.






KESIMPULAN
Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi adalah merupakan cabang-cabang dan dasar-dasar utama dari pada Filsafat Ilmu, oleh karena itu maka setiap berbicara tentang Filsafat Ilmu pastilah salah satunya membicarakan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.
            Ontologi adalah lapangan penyelidikan kefilsafat paling kuno dalam sejarah peradaban umat manusia. Ontologi berbicara tentang hakekat ataupun kenyataan (realita) sesuatu yang ada baik yang jasmani maupun yang rohani. Landasan Ontologis merupakan landasan pengembangan ilmu berkaitan dengan hakikat ilmu, sebab secara ontologism, ilmu mengkaji realitas sebagaimana adanya (das sein).
            Epistemologi adalah membahas tentang terjadinya dan kesahihan atau kebenaran yang berurusan dengan hakikat dan lingkup pengetahuan. Adapun cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dapat dilakukan dengan beberapa metode yaitu metode induktif, deduktif, positivistic, kontemplatif dan dialektis. Landasan epistemologis ilmu berkaitan dengan aspek-aspek metodologis ilmu dan sarana berfikirilmiah.
 Aksiologi adalah berbicara tentang nilai. Nilai yang dimaksud adalah sesuatu yang dimiliki manusia untuk melakukan berbagai pertimbangan tentang apa yang dinilai. Teori tentang nilai yang dalam filsafat mengacu pada permasalahan etika dan estetika. Kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi haruslah diberi nilai-nilai agama dan kemanusiaan. Persoalan utama yang mengedepankan di sini ialah: apa manfaat ilmu bagi umat manusia? Untuk apa ilmu itu digunakan? Apakah ilmu itu bebas nilai atau tidak? Dalam hal ini nilai kegunaan ilmu menempati posisi yang sangat penting. Dapatkah ilmu membantu manusia untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya sehari-hari atau justru sebaliknya?
            Pengembangan ketiga landasan ilmu pengetahuan ini akan melahirkan sifat kebijaksanaan ilmuan dalam menerapkan ilmunya di masyarakat. Sebab apapun halnya, sulit bagi masyarakat untuk menerima kenyataan bahwa produk ilmiah malah menyengsarakan dan merugikan mereka.
DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu (Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan),
Rosda Cet Pertama Bandung 2004
Ahmad Tafsir, Filsafat Umum (akal dan hati sejak Thales sampai Capra),
Rosda Karya, Bandung 2010
Atang Abdul Hakim, Beni Ahmad Saebani, Filsafat Umum, (dari metologi sampai teofilosofi), Pustaka Setia, Bandung 2008
Juhaya S. Praja, Filsafat Hukum Islam,
Latifah Fress, Tasik Malaya 2004, hlm 19
Juhaya S. Praja, Aliran-aliran Filsafat dan Etika,
Kencana, Ed. Ke 1 Cet. 3, Jakarta 2008
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer,
Pustaka Sinar Harapan Cet Kedelapan Belas, Bandung 2005
Nung Muhajir, Filsafat Ilmu,
Rake Carrasin, Yogya 2001
Rizal Mustansir, Misnar Munir, Filsafat Ilmu, Pustaka Pelajar,
 Yogyakarta, Cetakan III 2003


[1] Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu (mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan), Rosda Cet Pertama Bandung 2004, hlm 69
[2] Ahmad Tafsir, Filsafat Umum (akal dan hati sejak Thales sampai Capra), Rosda Karya, Bandung 2010, hlm 29
[3] Rizal Mustansir, Misnar Munir, Filsafat Ilmu, Pustaka Pelajar, Yogyakarta 2003,  hlm 11
[4] Juhaya S. Praja,  Filsafat Hukum Islam, Latifah Fress, Tasik Malaya 2004, hlm 19
[5] Nung Muhajir, Filsafat Ilmu, Rake Carrasin, Yogya 2001, hlm 57
[6] Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan Cet Kedelapan Belas, Bandung 2005, hlm 63
[7] Rizal, Munir, Filsafat Ilmu,hlm 12-15
[8] Juhaya S. Praja, Aliran-aliran Filsafat dan Etika, Kencana, Ed. Ke 1 Cet. 3, Jakarta 2008, hlm 87
[9] Rizal,  Munir, hlm 16
[10] Atang Abdul Hakim, Beni Ahmad Saebani, Filsafat Umum (dari metologi sampai teofilosofi), Pustaka Setia, Bandung 2008, hlm 22
[11] Ibid, hlm 17
[12] Juhaya, Aliran-aliran Filsafat dan Etika, hlm 59 dan 68
[13] Mustansir, Munir, hlm 29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar